Sup Tomat Kentang Celup Seenak Jidat

Dari kemaren2 gw sikat gigi kok rahang yang kiri rasanya sakit. Kayak-kayak ada gigi yang lagi goyang. Cek per cek, ternyata gusi gw bengkak. Ya.. pagi ini gw juga bangun kayaknya tambah parah. Gw orangnya paling ogahan ke dokter, males minum obat.. Gak takut, tapi gw paling menghindar karena ga mau ketergantungan.

Nah, tiba2 ide gw nih muncul (dasar, kalo ide ga bakalan kemana). Gw pikir nih gw pasti kekurangan vitamin C. Untuk alasan tertentu,... secara gitu loh.. ga heran.
Jadi gw berinisiatif masak sup tomat. AHA!!! Ini gw cuma nonton iklan aja, didukung sama imajinasi gw yang menggambarkan betapa enaknya sup tomat itu.

Ya udah, berbekal kemalasan dan bahan2 yang ada (Sekedar catatan, gw orang paling males masak sedunia). Tapi berhubung gw laper, dan paling utama gw butuh vitaminnya, ya udah.. enak gak urusan belakangan. Ya ga?

Jadi ini bahan2 yang gw modifikasi (karena namanya seenak jidat, terserah lu dah takarannya berapa) :

- Tomat (kebetulan gw cuma punya 3 buah, ya udah gitu aja)
- Kentang (Gw suka banget nih kentang rebus, dan gw cuma pake 2 buah seukuran bola baseball)
- Mentega/margarin/whatever
- Bawang Putih (siapa sih yang ga suka bawang putih, udah harum, banyak manfaatnya lagi)
- Tepung Maizena (Kalo lu termasuk parah, ga tau apa itu tepung Maizena, udahlah.. ga usah masak)
- Air/kaldu ayam secukupnya
- Garam, Merica secukupnya

Cara gw membuat :
- Nih kentang (pengalaman ada temen gw asli ga tau masak, jadi mending gw jelasin sedetail-detailnya) lu cuci bersih, kupas kulitnya. Trus direbus, jangan lupa kasih garam sedikit supaya ada rasanya..'
- Sampe empuk, angkat kentangnya. Rebus tomatnya dalam keadaan utuh (Nih tomatnya cuci dulu yeee). Rebus sampe empuk juga.
- Nah, nih tomat lu potong, buang bagian tengahnya. Ada yang mau diblender, boleh.. supaya halus, trus disaring. Kalo gw sih berhubung males, udahlah.. gw potong aja. Ga dihancurin
- Trus tumis bawang putih dan mentega/margarin sampe harum
- Tuang air secukupnya (perbandingan air sama tomat 2/1)
- tunggu sampe mendidih, masukin tomat tadi. aduk rata sampe bener-bener kecampur.

- Campur maizena ma air, aduk rata, trus masukin ke panci tomat yang dicampur tadi. Ini kadar kekentalan yang lu mau terserah, mau encer, jangan banyak2 maizenanya, dan sebaliknya.
- Aduk rata
- Tambahin garam, merica, bumbu penyedap, dan bahan2 lain seenak perut lu.. (Gw saranin kalo ada keju cheddar, tambahin tuh.. pasti mantep..)
- Udah deh.. angkat.

Ntar makannya, tuh kentang terserah mau lu celupin ato langsung dicampur ke sup tomatnya.
Nih makanan gw jamin banyak gizinya. Dan gampang banget lah bikinnya.
Berdoa aja enak. Kalo menurut gw sih, lumayan...


Silahkan berimprovisasi

(Tuh gambar gw pungut di internet, terlalu bagus buat sup tomat gw. hahhaaaa)

0 comments:

Ran Jiecess

Twitter @Jiecess

About

a freelancer who think she isn't cool enough to be everything yet.