Punten Jogya 2009


Hidup dimulai saat hujan turun sejak sore pada senin malam, pukul 18.30 WIB. Mobil yang gw kendarain, ternyata bermaksud ke jalan Sumbawa alias ke rumah Mamih Isabela Da Silva alias Mba` Yu alias Ayu. Gw kira si Pak Dedinya tahu kalo gw mau langsung ke kost-an si Pak Le (Primata). Pas mo masuk ke Martadinata, baru gw heran. Kok muternya jauh amir??? Setelah gw jelasin, baru si Pak Dedi ngangguk2 (oh-ternyata dia gak ngerti dari tadi), maka berputerlah mobil melewati sebuah SPBU di jalan Ahmad Yani.
Berhubung hujan dan macet, tanpa gw sangka, Pak Dedi menempuh jalan tikus yang ujung-ujungnya malah lewat depan kompleks perumahan Gonzalita alias Si `Mbok alias Reni. Pada saat yang bersamaan pula, hape gw bunyi. Tiitt tiiitt..
Ada sms dari Gonzalita, “Ran, gw diinterogasi dulu..”
Alis gw kontan naik sebelah. Lah??? Interogasi gimanah maksudnya? Padahal, rencana gw si Reni mau gw jemput aja sekalian kalo udah siap. Tapi apa mau dikata,.. Walhasil gw langsung aja ke Soekarno-Hatta.
Gw turun bareng teteh yang mau mengucapkan selamat tinggal, walaupun ending-nya gw yang nganter teteh ke mobil karena tetehnya gak bawa payung. Dan kami membawa kerupuk yang dikemas dalam sebuah kardus minuman diikat dengan tali rafia.
Gw sampai di kost-an dan mendapati para begundal-begundal cilik :
- Primata alias Pak Le alias Prima Sibarani;
- Unyil alias Mak Konde alias Justin Tumbelaka alias Daniela alias Dwi;
- ASBER (Asep Berlian) alias Ujang alias Oscar alias Lelaki Berwajah Komik Jadul alias Yuana;
- Pentoel alias Pentoello Da Silva alias Anak Durhaka alias Ridwan;
- Ido Oma alias Tunanetra multifungsi (Kadang-kadang dia pindah profesi menjadi pedagang keliling atau penjaga pantai) alias Ridho.

sedang asik bermain togel bin gaplek binti domino dengan nikmatnya. Dan pada saat yang bersamaan, sekonyong-konyong muncullah Nyi Lelet alias Koencoro alias Dito dari tengah rintik-rintik hujan yang mengguyur Bandung. Sementara Papah Eduardo Da Silva alias Jangkung alias Irwan-tidak diketahui keberadaannya. Jadi, gw memutuskan nganter si teteh balik ke mobil dan kembali ke kost-an.
Beberapa saat kemudian, datanglah Mamih sambil membawa tas seakan-akan ia akan tinggal setengah tahun di Jogya. Dan berhubung gw haus, maka gw gandeng aja si Mamih beli minuman di dekat lampu merah. Sepulangnya, baru tersiar kabar bahwa si Papah malah menunggu di stasiun oleh karena tipuan si begundal-begundal cilik nan licik itu. Tinggal menunggu Gonzalita yang tiba sesaat kemudian-katanya diantar oleh Gonzales alias Gonzalo alias Kura-kura kacamata alias Iyas alias Ikhlas yang ternyata dia yang diinterogasi oleh ortunya Gonzalita tadi.

Maka kami pun berangkat menuju stasiun bagaikan sekelompok pemudik kesasar. Mengendarai mobil jurusan Riung-Dago, bersempit-sempit ria, dan masing-masing sontak berubah diam seraya menahan nafas saat seorang pengemis tiba-tiba datang duduk manis di pintu angkot, melihat kami dengan ekspresi teramat menderita tanpa air mata dan tampangnya menyiratkan maksud gak bakal pergi, yah-kecuali dikasih duit. Akhirnya Dari sembilan orang, hanya si Unyil menyerah dan memberikan seribuan sebagai tanda kekalahan. Hahahaha…

Kami pun tiba di stasiun Kiara Condong, dan tak lama si Papah pun bergabung bersama kami. Menunggu selama beberapa belas menit di gerbong 5, akhirnya kereta Kahuripan datang. Namun, disebabkan oleh kecurangan penumpang lain yang ogah ngantri masuk, rombongan pun sempat terpecah, dan jeleknya lagi karena si Unyil yang berperan sebagai pemegang tiket, ketinggalan paling belakang. Hal itu menyebabkan Primata+Pentul+Gonzalita sebagai rombongan terdepan merasa bingung karena gak hapal nomor kursi yang udah dipesan. Untungnya setelah bersatu dengan si Mamih dan yang paling penting-gw, lewat pembacaan instruksi gerak bibir antara kami dan rombongan belakang, setelah dicek, kursinya udah bener. Maka formasi duduk pertama pun disusun. Satu jurusan dimulai dari kiri atas,


kelompok kanan : tolong diperhatikan baik-baik sosok yang
berjaket hijau pudar, sebenarnya itu ada kepalanya!
kelompok kiri - lebih ramai

Kereta berjalan, panas dan pengabnya minta ampun. Kelompok sebelah kanan ditimpa kesialan karena jendelanya macet, sehingga susah terbuka. Sekali macet, tapi kembali meluncur kebawah sehingga berdentum keras, dan sempat menyebabkan Primata merasa kaget dan berputus asa (gw baru nyadar, gw kok ngetik nih cerita pake EYD banget yah? kayak pidato aja).


--- Diubah ---

Bener deh! Mana keretanya singgah-singgah di stasiun laen, trus berhenti kalo ada kereta yang lebih cepet lewat.. namanya juga kereta murah. Beda tiket kereta ekonomi ma Bisnis jauh pisan! Ekonomi 25rb, trus bisnis 90rb. Salah satu alasan omongan Primata jangan dipercaya! Dia ngomongnya bisnis 55rb dengan nada meyakinkan banget. Heehhh.. mana ada! 55rb dari Hongkong!

Mana pedagang asongan melimpah ruah. Mulai dari minuman, makanan, pulsa, dompet hp, maenan, dan lain-lain. Si Nyi Kuncoro sempet aja beli TTS trus diisinya bareng. Si Primata gak mau makan dengan alasan mo nunggu jam 2 dulu. Jadi pada waktu itu, kita hanya makan keripik2 yang dibawa dari rumah sambil ngobrol omong kosong. Kalo istilahnya si Primata sih, HTM (Hiburan tengah malam). Maklum aja, mulutnya emang kayak emak-emak. Cerewet banget.

Dan menjelang pagi, satu-satu mulai tumbang. Dipelopori oleh Gonzalita yang dari jam 10 udah nguap-nguap gak berdosa, disusul yang lain mencoba tidur dengan berbagai pose kecuali Pentoel. Konon, dia emang gak bisa tidur kecuali dicelupin di bak mandi, jadi melek aja muter musik sambil konser Melangkah Sendiri.

Berdasarkan curhatnya Gonzalita yang katanya gak bisa bobo` dengan khusyuk disebabkan oleh celotehan Primata dan gw (Gw aja bingung, kok bisa gw disamain cerewetnya ama si Primata. Perasaan gw mah kalem-kalem aja).

Sesekali juga yang cowok pada beli kopi. Survei terakhir katanya airnya gak enak banget. Meureun ceunna, gak direbus tuh airnya, paling dipanasin doang. Huekk.. kalo gitu, meureun juga airnya diambil dari keran WC UMUM!!! Wekekekekek..

Si Mamih juga sempet kelabakan karena di kereta ada anak kecoak yang masih kecil itu loh.. Si Mamih takut banget apalagi si Pentoel emang usil ngejahilin mamihnya sendiri. Sementara di alam lain, si Asep alias Oscar, Si Gonzalita dan Nyi Kuncoro, roh-nya udah terbang entah kemana, sama halnya dengan si Papah (kecuali model tidurnya yang kelihatan tersiksa banget karena kakinya yang kepanjangan. Dimana-mana tempat gak muat buat si Papah, termasuk di Bus terminal Bonjor menuju Borobudur)…

Jam 2, Primata mau makan. Tapi pedagang makanannya udah berhenti beroperasi. Hahahaha!!! Giliran dia mo makan aja, yang lalu lalang tinggal penjual kopi doang. Kualat mo nunggu jam 2. Nasibnya pun kelaparan bukan kepalang, untung aja gak terlantar.
Giliran leher gw yang pegel karena mo tidur mesti rebahan dulu di meja kereta yang sempit. Tiap tidur, tiap bangun. Dan tiap bangunnya itu formasi berubah. Gw bangun (karena kereta singgah, dan kalo kereta singgah pasti udaranya sumpek banget), Unyil ma Pentoel tukeran posisi. Tidur, gw bangun lagi, eh, Pentoel ma si Asep yang tukeran lagi.

Sampe di Jogya sekitaran jam 6 pagi, anak-anak pada masuk angin. Tapi yang paling jorok emang si Primata. Kentut-kentut gak minta maaf. Mulai dari rumah Reni pas proyek si Blur, sampe di Borobudur pun.. Ergh.. jorok banget deh.

Sambil nungguin Nyi dengan panggilan alamnya, kita duduk-duduk dulu, udah ketemu Tante Gati yang sebelumnya nyarter mobil buat kita, agak lama, trus ke rumah yang di Jetis.
Sampe di Jetis, yang cewek nempatin kamar Dara, dan yang cowok nempatin kamar Sammy. Para Tante nyiapin sarapan dan makanan buat anak-anak, Dara, Mas Arif ma Mas Reza datang gak lama kemudian. Pada tepar aja sampai agak siangan, dengan rencana mau ke Prambanan. Sambil bergiliran mandi + keramas karena asli, Jogya panas banget. Tapi airnya anget, jadi bawaannya pengen mandi mulu biar seger.

Ke Prambanan, dipandu ama Dara ditemani dua temennya. Naik TransJogya, adem beneeeerrr.. sambil lewatin UGM, ketimbang nyewa mobil ato travel, kan boros banget. Mana TransJogyanya nyaman, jadi kita keasikan sampe deket Prambanan jalan kaki. Itu udah jam empat kurang sedikit. Ngeliat orang gila yang bohai banget.. Yang cowok pada melek kayaknya. Hahahaha!

Masuk Prambanan, bayar 12.500, mulai gifo deh. Gantian dari kamera si Primata ma kamera si Mamah. Dengan pengunjung mayoritas turis, ada yang dari Eropa-Amerika, sama yang dari Asia. Ada yang dari Prancis, kita denger bahasanya udah geleng-geleng. Cuma si Mamah yang ngerti dikit. ça m’est égal! Gw aja mo pake bahasa Prancis paling pake Encarta Dictionary ato Google Translate. Hahahahaha!


ada yang hilang! Siapa ya? Mamah?

foto penampakan




Bergifo-gifo di Prambanan, kulit juga udah mulai gosong. Biar udah jam 4, tapi panasnya minta amplop… Pengen pulang trus mandi lagi!!!

Di Prambanan juga ada area bermain anak-anak. Disanalah Primata dan si Papah singgah sebentar menghabiskan masa kecil mereka yang gak bahagia. Sementara Pentoel, dengan bahagianya nyamperin elang dan kijang karena sifat kampungannya kambuh lagi.
Capek jalan dan laper, didukung Prambanan yang hendak tutup. Walaupun teringat wejangan-wejangan PaWay-Pak Wayang akan candi Ratu Boko dan candi-candi lainnya, namun sikon berkata lain. Udah mo maghrib, Pak!!! Jadi pulang dengan TransJogya lagi.
Malemnya gak ada jadwal karena lagi dan lagi anak-anak pada capek. Cuma Om Wahyu dan Tante Dian yang datang ngunjungin. Gw sempet ditunjukin nama-nama jalan ama Tante Dian supaya gak tersesat besok-besoknya kalo mau ke Borobudur, Malioboro, ma Alun-alun Kraton. Sekalian ke ATM dan beli martabak tegal plus terang bulan (gak tau nih, yang anak2 Bandung pada ngakak aja kalo gw bilang Terang Bulan.. Kan lebih keren dari Martabak manis..YEIY!).




Rabu 06 Mei 2009

BESOK PAGINYA YANG COWOK PADA LELET BANGUN!!! Boro-boro mo pergi jam setengah 6. Jam 6 aja mereka masih pada ngeces sementara yang cewek udah mandi. Nungguin mereka aja butuh 2 JAM! Astaganaga,.. bener deh, leleeet banget. Jadi ke Borobudur udah jam 8an. Naek TransJogya lagi ke terminal Jombor, disana nyambung lagi dengan bus butut dengan penghuni bus yang rada aneh. Ada ibu-ibu dengan stelan safari yang pake helm di dalem bus. Gw + Gonzalita + Unyil gak bisa nahan ketawa. Karena di depan ibu-ibu itu persis ada tiang bus. Kata Unyil, antisipasi kalo bus tiba-tiba ngerem mendadak, jadi kepalanya tuh ibu aman pas kebentur. Hahahahaha!!! Dan yang gw bilang tadi, si Papah tersiksa banget keliatan kakinya gak bisa ditekuk pas dengan kursi bus. Untung disampingnya ada Mamah.. Jadi penderitaan berkurang. hehehehe..

Singgah lagi di terminal Magelang, lama banget. Ada pengamen yang gak niat banget nyanyinya. Pengamen yang kedua dateng belakangan, jadi sial banget. Duitnya pada dikasih ke pengamen pertama.

Bus pun sampai di terminal deket Borobudur. Kita dikepung supir Andong yang nawarin ke Borobudur. Yah, ditawarinnya 10rb per andong. Daripada panas dan buang-buang waktu jalan kaki, ya udahlah. Kembali dibagi dua kelompok karena gak cukup. Andong pertama berisikan si Mamah yang duduk disamping supir, trus ada gw, Gonzalita, Unyil, ma Pentoel. Yang gak disebutin artinya ada di andong ke2 (hehehe, males gw ngetiknya). Dan lagi!!! Kakinya si Papah terpaksa kegantung dibelakang andong karena gak cukup. Wekekekekeekk!!!

Sampe di Borobudur, panas bangets.. ada bakti sosial. Gratis lagi!!! Sayang kita udah ada jadwal, padahal para cecunguk pada mau gw daftarin kesitu. Hehehe..


buset dah, gw gosong banget disitu - full jerawat pula

Borobudur yang agak terjal dan matahari yang menyengat. Duet Primata feat Nyi Kuncoro langsung menghilang, padahal kita masih ketinggal dibelakang. Si Unyil, si Papah, dan para konco mania termasuk si Asep malah nyewa payung karena saking genitnya gak mau item. Kecuali si Mamah yang pada hari itu berkostum tie dye bonus short pants dengan rela kulitnya merah dan belang-belang demi mengabadikan momentum bersejarah ini.

HOTTTTT!!!! Di puncak Borobudur gak ada kompromi. Antara mo bergifo-gifo, atau jadi ikan asin karena berjemur. Makanya kita foto-fotoan pake payung, dan hal tersebut menambah kemesraan banyak pihak. Gak terkecuali si Asep dan si Unyil yang berhomreng-homreng bahagia ditengah teriknya siang di Borobudur. Seperti halnya Ido Oma dan si Papah di Prambanan. Maklum, kisah cinta terlarang yang bersemi kembali.. Ngomong-ngomong soal cinta, di Jogya banyak tempat yang pas banget buat si Jupe` alias si Jukum (Juvi Kumisan) alias si Kumis alias Juvi. Kita yakin, dia pasti seneng banget kalo tau di Jogya, tempatnya rata-rata mendukung buat dia joget India. Sambil bersiul-siul ala Kuch Kuch Hota Hai. Di Prambanan banyak pohon, mana jalanannya lenggang banget. Di Borobudur dia bisa muter-muterin stupa, dan di Depok dia bisa lari-lari di tepi pantai. Kejar-kejaran ma ombak.

Di Borobudur pun banyak aja bule yang seksi-seksi pake “U Can See”.. ya, taulah mereka gak bakal item. Paling kebakar doang. Gak tau deh,.. jauh-jauh dari luar negeri cuman mo ngeliat Borobudur yang gak bagus-bagus amat (atau entah kami yang gak punya selera estetika maupun apresiasi sama sekali. Hehehehe). Malah gw bilang, Borobudur gak segede yang gw bayangin. Jadi gw udah ilang mood-nya pas sampe depan Borobudur.


Karya-Karya Yang Berhasil Diterbitkan Selama Perjalanan



Pas turun kebawah Borobudur, si Primata + Nyi Kuncoro + Asep + Ido Oma menghilang lagi. Sisanya yang gak disebutin, termasuk gw, terpaksa keliling setengah putaran candi nyariin mereka. Ternyata mereka ke galeri yang letaknya lumayan menguras tenaga. Dan karena gak ada angkot di kompleks candi, kami jalan kaki lagi kesana.

Di galeri ada jual minuman, jadi bisa duduk-duduk dulu sambil minum soda. Jualan jamu Buyung Upik juga si mbak-nya. Gak tau dimana hubungan antara galeri ma jamu anak.


Menuju pintu keluar, eh,.. si Nyi Kuncoro ngilang lagi ma Primata. Mereka tuh udah diajarin si Jupe cara ngilang yang cepet dan gak berisik kayaknya. Ilang aja, dan tiba-tiba udah ada PW-posisi wuenak di penjual minuman. Terpaksa singgah lagi duduk-duduk, sambil Nyi ma si Unyil beli rokok. Ada juga si Ido Oma gak tau minum air kelapa ato apaaa gitu.

Pulang lagi,.. naek andong dengan formasi yang sama pas datengnya. Naik bus ke Bonjor, di tengah jalan malah hujan deras sampe di Bonjornya. Untung halte buswaynya deket, jadi kita gak terlalu kehujanan. Tapi buswaynya itu sendiri yang lama minta ampun. Si sopir ama mbak2 yang beroperasi di TransJogya jurusan 1A malah enak-enakan dulu di dalem bus. Si mbak2nya bahkan sempet sisiran dan dandan sementara kita di dalam halte udah berdesak-desakan.

Yah, hujan memang turun deras banget. Pengen sampai di rumah cepat-cepat.
Akhirnya, setelah beberapa lama, buswaynya jalan, kita masuk dan mendominasi kursi penumpang. Berangkat dari Jombor dan tiba di halte Jetis.

Dalam perjalanan pulang jalan kaki ke rumah, ada penjual CILOK!!! Di Bandung, udah setahun gw tinggal, belom pernah nyobain cilok, dan sekarang, belinya malah di JOGYA! Aneh bin ajaib. Tapi enaklah… cilok.. gw mo beli banyak2 kalo udah di Bandung. (Kalo gak keburu pulang, sekarang malah udah di Makassar.)

Nah. Sampe di rumah, pada modar lagi semuanya. Padahal gw udah jadwalin, pokoknya habis ashar, kita ke Malioboro.

Tapi begitulah, akibat ulah para begundal-begundal yang leletnya ngalahin kita yang cewek, terpaksa jam molor lagi sampe setengah enam! Itu pun udah ngomel2 aja baru mo gerak.
Jalan ke Malioboro sambil jelalatan nyari nasi kucing buat makan karena jujur gw udah laper banget. Atas rekomendasi Primata, kita singgah di sebuah gerobak penjual nasi kucing. Sebungkus dapet Rp 1000, trus nambah lauk, ada gorengan dan lain-lain. Dengan porsi kucing dan selera makan segentong, jelas masing-masing kita gak puas makan sebungkus. Jadi rata-rata belinya dua bungkus. Beruntung bisa dapet tumis tempe, yang gak beruntung, dapet sambel tumis plus ikan teri dua ekor.


Si Primata nyobain pake tusuk konde, tapi boro-boro.. kurang semenit aja udah dilepas. Padahal belom diabadikan tampangnya. MIRIP CEWEK dari belakang.
Ke Malioboro, Nyi Kuncoro merekomendasikan sebuah toko yang terletak di ujung Malioboro, berdekatan dengan sebuah bioskop murahan dengan jajaran film panas ala kalangan bawah. Namanya tokonya Mirota Batik. Jadi, sebelum ke Mirota itu, kita gak berani singgah2 dulu, karena kata Nyi Kuncoro, di Mirota harganya pas dengan barangnya.

Emang bener, harganya pas dengan barangnya. Dan emang bener juga, isi toko itu banyak yang aneh-aneh!!! Kalo gak nyadar, tangan kita tuh bisa kelayapan kemana-mana. Pengennya bisa beli ini-itu di Mirota. Emang bener, banyak yang murah, tapi tetep aja jadi mahal karena gak bakal tahan beli barang sedikit. Itung-itung buat temen, sodara, nyokap, bokap, nenek, kakek, tetangga, ponakan..

AH!!! Terpaksa kita cepet-cepet keluar karena takut iman gak bakal kuat lama-lama di dalem. Dan kepergian kami pun diiringi oleh kepiawaian seorang lelaki bermain piano dalam memainkan sebuah instrument musik. KEREN EUY!

Petualangan Malioboro pun dimulai.

Dipilih! Dipilih! Dipilih!!! Hayo.. semua pada keluar nafsunya pengen ngeborong satu Malioboro. Kini, takdir ditentukan oleh tega/tidaknya menawar barang pada penjual. Rombongan terpecah menjadi tiga kelompok.
Kelompok satu : para cowok begundal.
Kelompok dua : Gonzalita dan mamah Isabela.
Kelompok tiga : Gw sendiri.
Gak adil. Tapi, yah.. begitulah nasibku.

Setelah bertemu di sebuah toko penjual minuman, berpanas-panas, peluh bercucuran, air mata bergelinangan.. Kita masih belom puas, tapi apa mau dikata.. duit gak bisa diajak kompromi.




Setelah sejenak berfoto-foto, kita mutusin mau jalan-jalan lagi ke alun-alun kraton. Di tengah jalan, kita dihadang ama para Tubek (Tukang Becak), padahal tadi niatan mo naek andong. Namun, rupanya para Tubek yang licik ini enggan melepaskan kami dari perangkapnya. Sengaja mengulur-ulur waktu buat berdiskusi tentang tarip (orang bandung gak pake “f” tapi “p”) yang manusiawi untuk kalangan mahasiswa, terpaksa kami naik dengan formasi empat becak.

Becak I, terdiri dari Gw-Mbok Gonzalita-dan Mamah Isabela.
Becak II, terdiri dari Primata-Nyi Kuncoro.
Becak III, terdiri dari Papah Eduardo-Si Unyil.
Becak IV,.. inget2 aja sendiri. Paling yang ga gw sebutin itu artinya ada di becak terakhir.

Becak----becak.. Becak yang licik nan menyesatkan binti menyebalkan. Awal-awal aja friendly-nya minta ampun. Wah, kita bilang, nih Tubek pada ramah.

RAMAH DARI HONGKONG!!!

Dari Malioboro dibawa ke tempat penjual kaos Dagadu dan Bakpia. Dengan kesan “maksa banget”, si Tubek merayu kita buat singgah beli kaos Dagadu.

Alasan kita mah simpel banget.
“Duit habis, Pak.. udah kere gara-gara Malioboro. Seandainya masih ada, ya gampang lah..”
Tapi dasar tubeknya yang amoral, tetep aja kita diberhentiin di toko kaos. Nah, karena kita menghormati niat baik tubek (disangkanya begituuuu), kita turun dari becak (karena tempat duduknya diangkat ama si tubek-jadi kita kalo gak mau jatoh yang mesti turun) dan liat-liat semata. Yang cowok malah sempet foto-fotoan padahal gak beli apa-apa.
GUBRAK!!! si Tubeknya malah ngebentak alias moro-moro! Aneh kan.. kita mah gak ada yang perhatiin dia ngomong apa. Tapi dari tampangnya yang udah mengkerut 24 karat, asli tuh tubek gak enak diliat, kita cepet-cepet naik dan melesat ke alun-alun without conversation anymore.

Kita bayar becaknya,.. (gw ulangi lagi, tuh mukanya tubek asli gak sedap dipandang), trus melangkah bersama menuju bahagia. Disaksikan oleh dua pohon keramat, kita mo nunjukin peruntungan masing-masing, siapa yang bisa melewati pohon dengan selamat sehat wal afiat-dan matanya ditutup. Kebetulan malam itu habis hujan di daerah Malioboro kesono, hasilnya,.. dibawah pohon jadi beeccceekkk, ga ada ojjjyeeekkk.. sempet males juga, tapi ya.. gara-gara pengen nyoba, jadi tekad kudu dilurusin.

MAJUUU DE CAFE!!!

Dari sepuluh orang yang nyoba, Cuma Primata yang konon berhasil. Ga tau juga yah, karena gw gak liat. Pada saat yang bersamaan, gw lagi nongkrong di dekat tas-belanjaan-sendal kita.
Gentian, pada ngalor-ngidul pada nyasar kemana. Boro-boro mau lurus, baru berapa meter udah mencong sana-mencong sini. Emang susah sih, menurut gw. Walaupun udah dikasih petuah ama Nyi Kuncoro, tetep aja..
***

Malam pun larut. Kita udah mau pulang. Tapi trauma ma Tubek.

Dan kita pun jalan kaki atas petunjuk sesat Primata,
DARI ALUN_ALUN SELATAN sampai JETIS!!!
Lu kate, kaki gw udah gemetaran jalan kaki sejauh udel Obama ke Indonesia.

Gak lebai gw,, asli!

Kata si Primata, kita bakal dapet andong di dekat Malioboro. Katanya deket aja jalan dari alun-alun selatan ke alun-alun utara. Katanya, katanya, dan katanya.
Nyesel gw nurut kata-katanya si Primata. Dia mah emang seumur hidup gak bisa dipercaya. Tapi entahlah.. demi kebersamaan.
Yang jelas kita bukan gak naik becak karena ga ada duit. Tapi karena gengsi!!!




Limabelas menit jalan, singgah lagi buat duduk lima menit. Jalaaannn lagi. Duduuuk lagi. Jalannnnn lagi… duuuuddduuukk lagi. Gitu terus sampe palelu peyang.
Unspeakable!

sebelum

sesudah

Yang gw inget, pas gw tiba di jetis, yang paling gw pengen adalah TIDUR dengan KAKI SELONJOR.. ammpuunnn!!!
Anak-anak pada makan, karena udah dibikinin mie ama Tante Gati.
Gw mah, peduli amat. Amat aja kagak peduli perut gw laper.
***
Bangun pagi.. bangun yang agak melelahkan.
Gw ma si Mbok setengah jam kemudian naek motor ke Stasiun Lempuyangan hendak membeli karcis untuk pulang.. (EYD sangat diperhatikan). Karena tersesat, kami pun memberanikan diri untuk bertanya. Dan kami ditunjukkan jalan menuju Lempuyangan. Dan untungnya, bisa sampai dengan selamat.
Tapi sialnya, gw ma si Mbok harus berhadapan dengan petugas karcis yang muna banget. Dibilangnya-gak bisa beli tiket selain sejam sebelum keberangkatan.
BAGOOOEEESSS!!!

Pulang ke rumah dengan sisa tenaga, buru-buru, mulai dari mandi, sarapan dikit karena bilangnya jam 10 udah standby di stasiun. Om Wahyu minjemin mobil, tapi kita memprediksi gak bakalan sempat jalan-jalan ke pantai karena keretanya Cuma ada yang siang.
Dan Tuhan berkata lain.


Karya-Karya Yang Berhasil Diterbitkan Selama Perjalanan



dan program tersebut memenangkan


Jam 10 gw ma si Mbok ke Lempuyangan lagi, dan bertemu dengan petugas yang berbaik hati memberikan informasi bahwa :

Ada kereta jurusan Jogya-Bandung yang berangkat pukul 20.30 WIB.

Suer deh, pengen gw timpukin petugas yang gw tanyain tadi pagi!!! LIEUR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
!!!!!!!!!!!!!!!!!

Akhirnya gw ma si Mbok pulang ke jetis, dan memberitahukan kabar bahagia ini kepada anak-anak tuyul yang udah beberes siap berangkat. Dan efeknya yah,.. kita bisa ke pantai!!! Let`s go to Depok!!!
Mas Reza yang baru dateng dan gak tahu masalah langsung diorder motornya, trus ditambah motor Mas Arif, motor Tante Gati, dan motor Jaja. Sisanya naek di mobil Om Wahyu. Sekarang atur formasi lagi.. (Yang gak bisa gw lupain adalah helm.. Gw udah ngebayangin si Mamah make helm yang warna kuning buruk rupa itu! Hehehehe!!!)
Gw dibonceng si Mas Reza, trus si Mbok dibonceng si Unyil, si Mamah dibonceng Jaja, dan terakhir adalah pasangan serong yang sedang mesra-mesranya, Si Pentoel Anak Durhaka dan si Asep Berlian alias Oscar.
Lumayan pegel juga naek motor ke Depok, sekitaran satu setengah jam. Mana siang berangkatnya, tapi untung gak terlalu panas. Terjadi kebut-kebutan dimana motor bebek pasti lebih unggul daripada motor matic. Hal ini menyebabkan terjadinya sedikit kejengkelan dari pihak motor matic.
(dan ada bagian yang mesti dipotong..)

Sesampainya di pantai.. mobil Om Wahyu belom kelihatan bannya, kita yang naek motor ngambil parkiran, trus duluan ke pantai.
WUSH!!! Asoii geboii.. ombak lagi gede dan anginnya lagi kenceng. Kalo gw bilang sih, pantainya lumayan bagus. Bersih lagi. Trus kesononya nyambung ke Parang Tritis alias Paris. Namun saying beribu sayang, dalam perjalanan menuju Paris itulah, ada telepon dari pihak mobil bahwasanya mereka telah tiba.
Yang ngalamin pasti tahu kita ngapain aja. Gw males ngetiknya karena inti dari bagian ini hanyalah kita berfoto-foto lagi.
Lagi, dan lagi.


kenapa tiba-tiba kami bertambah banyak? 


Trus makan, foto lagi, dan pulang. Sebenarnya lebih banyak dari itu, termasuk si Primata yang pengen beli apaaaaa tuh? Unjur-unjur? Ato apaaa kek. Gw lupa. Yang katanya pengen coba dimakan. Tapi gak memperoleh dukungan, berarti si Primata harus menyimpan niatnya dalam hati.


Pulang ke rumah.. panasnya minta amplop!!! Pengen mandi karena gerah, tapi apa daya barang udah di-packing semuanya. Jadi, dongkol aja nunggu habis maghrib trus berangkat ke stasiun.
Gw ma Mas Arif berangkat duluan mo beli tiket. Kecil bener! Mana gak pake nomer tempat duduk. Ini udah gak menjamin kenyamanan kita ntar.. aduh..

Trus balik. Makan. Pamit-pamitan dengan segenap keluarga besar di Jogya, trus dianter ke stasiun, mengucapkan banyak makasih dan selamat tinggal, akhirnya kita masuk dan menunggu Kahuripan on road to Bandung.
Ya, yang jelas kita masih sempat berlesehan-lesehan ceria di tengah gerbong 1 dan gerbong 2. Sekitaran sejam nunggu, disertai firasat mulai gak enak, kereta apinya dateng dan kita sepakat masuk dari kiri di gerbong awal kereta.
Karena udah padet penumpang, dan kesalahan tekhnis menyebabkan kita mulai terpisah-pisah lagi. Gak dapet tempat duduk di depan, kita lari ke belakang. Dimana penumpang kurang beruntung mulai bergelimpangan di koridor kereta.
Masalahnya begini loh.. Bawaan kita,.. yang awal ke Jogya masing-masing orang Cuma bawa satu-sampe dua tas.. pas pulang ke Bandung udah beranak pinak jadi masing-masing membawa minimal tiga tas!!! Belom dihitung kardus ayam berbau ikan (it was named by us) dan embel-embel lainnya.
Maka, tatkala kereta api mulai bergerak, maka suasana menjadi mencekam. Gw yang kebetulan ngeliat ekspresi muka si Unyil yang udah mirip kuburan, dengan isyarat gerakan mulut :
KITA GAK DAPAT TEMPAT DUDUK.


Slamat yaaahh…
OOOHHHHHHHHHHH NOOOOOOOOOO!!!!!!!!!!!!!!!
12 JAM?!!! GELOOOOOO PISAAAAAAAAAAAAN!!!

Gw lemes, asli! Gw balik ke Reni, dan acara diam-diaman pun dimulai. Kemudian, dengan sedikit usaha memperjuangkan hak asasi, gw ma Reni gentayangan lagi ke gerbong depan.. setelah minta karcis, kita udah gak peduli mo pisah rombongan, yang penting kita dapet tempat, titik!!!

Toh malang tak dapat ditolak,.. gak ada sedikit pun celah buat dikuasai di kereta butek ini. Gw ma Reni balik lagi ke gerbong belakang, melalui jasad-jasad yang tergeletak di samping, bahkan dibawah kaki kita.

Dan sampailah kita di gerbong paling belakang nan eksekutif karena beruntung bisa berbagi tempat dengan para pedagang asongan yang lagi istirahat plus deket ma dapur kereta. Setelah beredar gossip-gosip yang gak perlu gw tulis, akhirnya yang cewek (termasuk gw) bisa duduk. Sementara pecahan rombongan meliputi Asep, Idho, Nyi Kuncoro, dan Primata ntah dimana keberadaannya.

Gara-gara tegang, kita hanya bisa senyam-senyum terpaksa, dengan niat mencairkan suasana. Tapi toh jadi gak enak diliat.

Formasi duduk sempat berubah, dengan ketentuan setiap stasiun ada penumpang yang turun. Dan seiring berjalannya waktu, ternyata para jin yang gw bilang tadi ngga diketahui keberadaannya, mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Mereka berdatangan kecuali si Idho Oma (Gw yakin, dia disandera ma penggemarnya di gerbong depan. Wekekekekek!!!)
Mo tidur,.. panas.
Mp makan,… kenyang.
Mo ngapain, bawaannya gak enak.
Tapi ada aja yang sempat tidur dengan pose-pose dipaksakan, sambil mengap sana-sini. Gw bilang aja si papih dan si mamih.. hehehehe.. barengan lagi mengapnya. Harusnya gw abadikan momen penting ini, akan tetapi sikon kurang mendukung.
Detik berganti detik. Menit berganti menit. Jam berganti jam.

Kita Cuma dihibur oleh para pedagang asongan dengan banyolan GAK PENTING. Mungkin gak bisa dibilang banyolan sih.. hahaha..

MIE KOPIIII… POP MIE KOPIIII… (bego)

PERMEN TISSUUU… PERMEN TISSUUU… (bego)

LEM TIKUSSS, LEM TIKUSS.. BAHAYA! BAHAYA!!! BAHAYA!!! (lebih bego lagi…)

Dan yang terakhir, paling begggoooooooooooo..

TAHU SUMEDANG, TAHU SUMEDANG!!! BARANG LANGKA!!! BARANG LANGKA!!! 
Di apotek..

Hahahaha.. bego kan?

Malam pun berganti pagi.. yang tidur malam masih aja ngorok,.. sementara yang gak bisa tidur, ya curi-curi waktu. Tidur-tidur ala ayam. Merem-melek-merem-melek.

Yang jelas pemandangan pagi-pagi tuh keren banget! Gw aja ma si Mamah yang ngeliat. Yang lain, berhubung baru dapet tempat duduk di Tasik, baru bisa menikmati kejayaan tidur.
Kereta yang lama banget. Kita baru nyampe hamper jam sembilan lewat!!!
Panas pula.

Bandung kelihatan begitu SEMRAWUT. Tapi gak sepanas di Jogya, yang kemaren kita nyampe jam enam aja udah keringetan.

Dan si Asep pun memenuhi panggilan alam pertamanya di stasiun. hahahaha..
Dan-dan-dan setelah ber-say goodbye, masing-masig punya rute sendiri.. kita pun pulang ke rumah masing-masing dalam keadaan capekkk, bau,.. dan kere.
Yang cewek si sempet nongkrong depan gang haji saleh buat bergosip dulu. Haahhahaha.. becanda ding!

Kalo kata Aa`-aa` Westlife sih : More than Words lah!

Sekian.


0 comments:

Ran Jiecess

Twitter @Jiecess

About

a freelancer who think she isn't cool enough to be everything yet.