Maryam Oh Maryam


Diimprovisasi oleh lima orang yang tergabung dalam Pasukan Berani Norak


Di sebuah rumah mewah berlantai tujuh, adegan dimulai saat sebuah keluarga sedang makan pagi bersama*


MySpace


Note : (Nama2 indonesia yang lazim pada zaman itu :: Untuk cewe, Anita, Melati, Dahlia, Mawar (Semua kembang2an) Ani, Evi, Elisa, dll.. Untuk cowo : Heru, Pram, Roma ><, Boy, dll.. haahaaaaaaa.. NORAK!) dan saat ini eik berperan jadi Seroja. Jangan lupa, gunakan EYD! (Ejaan yang dinorakkan) 

... Seroja : "Papa! aku tidak mau sekolah di Amerika! Aku cinta Indonesia.. Aku tahu, Papa hanya menyekolahkanku demi perjodohanku dengan Michael! Tapi aku tidak suka bule itu!"






Mawar : "papa! Aku juga tdk ingin sekolah di Afrika, disana hanya penuh dgn manusia hitam. Aku tdk ingin diriku ini menjadi bagian dari mereka! Seroja benar, jgn jodohkan kami dgn pria2 seperti mereka."






Roy : (tak sengaja menelan garpu) Apaaa..?? dengar anak2...kalian harus sekolah di luar negeri..di Indonesia tak ada sekolah yang benar2 bagus,lagian di luar negeri banyak lelaki yang sangat tampan,hidungnya mancung sampai2 nafasnya boros,badannya kekar(cocok menjadi kuli batu)...apalagi di Afrika,lelaki disana Manis2 sperti kecap,kau suka kecap kan mawar? kalo begitu kau pasti menyukai lelaki afrika juga.
dan kau Seroja! Michael sangat mencintaimu dan bisnis Jengkol papa tak mungkin menjadi se sukses ini tanpa bantuan keluarga Michael...dia adalah masa depanmu nak..!






Pram : Lihatlah akibatnya Ayah, inilah jadinya jika kau bersih keras memelihara anak tanpa DNA yg jelas. (berbicara dengan penuh kekesalan sambil menatap sandal Mbok Ipoh yg dekil dan rusak) 
"Kami tidak akan pernah mau menuruti perintahmu sampai nanti nyawamu dicabut!"
*Sekedar info kalau Ayah kita dari dulu suka memperma inkan perempuan di setapak samping rumah Nenek Suriem.

( Pram adalah anak paling bunsu yg dikenal sangat pendiam namun menyakitkan kalau berbicara, memiliki indra ke enam yg dapat melihat masa depan layaknya anak2 Indigo. Saudara yang paling di benci adalah Mawar & Seroja, Karena mereka selalu menghilangkan kaos kaki favoritku sejak dari taman kanak-kanak.)






Mawar : PAPA!! Aku tdk sudi menjadi selir hati mereka. Merdka i2 sm saja dgn papa yg hdg belang.
Lbh baik aku mati d tanganmu papa(lyric lg Meggy Z (membnting piring & berdiri smbil menunjuk Pram), Hei kw bocah tengik, kw pikir siapa dirimu!! Kw hanya anak dr seorang binatu ketika papa ada di afganishtan..


Seroja : Kau Pram! *menusuk meja dengan garpu* Diamlah! kalau dirimu ingin tahu siapa anak yang DNA-nya tak jelas, maka pandanglah wajahmu sendiri di cermin kakus milik Mang Thoyyib (supir kita).

Benar kata Kak Mawar, orang tuamu menjualmu kepada Papa untuk membayar utang2 binatunya yang bangkrut. Jadi darah melarat tetap saja kelihatan dari wajahmu yang penuh bisul itu!"
*menoleh pada Roy
"PAPA JAHAT!!!!!!!!!!!!!!! Aku tidak mencintai Michael! Papa egoiissssssssssssssss.."
*berlari ke ruang tengah, rok kembangnya berkibar-kibar, lalu duduk bermain piano dengan sedih, dan mulai bernyanyi.*


Mawar : Seroja oh seroja!! Janganlah menangis, usahlah bersedih.. *menyapu2 rambut seroja yg penuh dgn kutu* PAPA! Apa papa puas melihat kmi menderita? Seandaix mama msh ada, pasti dy akan menendang papa.. PRAM, adk yg tak kuanggap, lbh baik kw d krm k desa sitonjul saja, biar kw sadar.

Roy : Dasar kalian anak durhaka...!! papa kutuk kalian menjadi cantik...!!!*termasuk kau pram* Papa sudah bersusah payah banting tulang untuk mencerahkan masa depan kalian,tapi apa..?? inikah balasanmu kpada papamu yang tampan ini..??
Heh kau mawar! bukan papa yang hidung belang,tapi para wanita lah yang tidak tahan melihat ketampananku..bersyukurlah kau mempunyai papa setampan ini..!


Behentilah menyanyi Seroja..buka sedikit hatimu untuk Michael,dia adalah pemuda yang baik walaupun sudah 13 kali masuk penjara karna kasus ngupil di tempat umum.


Mawar : Dasar papa keparat! I2 slhmu yg menebar benih dmn2. 
Seroja, aku tdk akn membiarkanmu pergi dan menikah dgn Michael sang mantan narapidana itu. Perjuangkan cintamu!

Roy : Jaga Mulutmu Itu...!!! Apa papa salah kalau papa Tampan..?? 

sudahlah mawar..biarkan Seroja menikah dengan michael,dan kau bebas mencari lelaki yang kau cintai di Afrika..!! papa jamin kau akan bahagia disana...






Lembayung: (Baru saja pulang dari mencuri mangga tetangga) "Sudahlah, kakak-kakak sekalian... Jangan bertengkar satu sama lain... Ini semua kan salah papa...

Papa! Sebenarnya papa cuma ingin menyingkirkan kami kan? Papa ingin mencari istri lagi kan?!"


Mawar : Apa? Pria Afrika? Harus berapa kali kukatakan kalo aku tdk sudi..

Lembayung, dr mana saja kw? Ah,aku tw pasti kw melakukanx lagi.


Roy*mata berkaca-kaca dan meneteskan air mata*

kenapa papa slalu disalahkan dan tak pernah dituruti...?mungkin sudah saatnya kalian mempunyai mama baru agar ada yang mengurus kalian...papa sudah tidak sanggup lagi...*pasang muka melas*


Seroja : Aduh! Kakak, apa kutu di kepala kakak kurang banyak sehingga mengambil jatah kutu di kepalaku? aku sengaja memeliharanya untuk adik!


APA?!!!!!!!! Michael suka ngupil?!!!!!!!!!! oh, tidak.. Papa!!! Teganya kau menjodohkanku dengan lelaki jorok itu, apa kau mau menantumu nanti membuang U**Lnya sembarangan?! Aku mencintai Johan, tetangga blesteran kita. Walaupun dia pernah masuk penjara karena sering kentut di tempat umum, tapi bukankah cinta tulus adanya.. Bagaikan air di daun keladi..

PAPA! jawablah anakmu ini! Apa benar kata Lembayung bahwa kau akan menikah lagi?! Kau pasti mau menikahi gundikmu, si Inem pelayan slebor itu!!!
Kakak, Adik!!! Mari kita berjuang demi asmara yang abadi!


Mawar : Seroja, Lembayung, Pram! Kalian dgr kan apa yg barusan dy katakan. Dy ingin menikah lg dgn menggunakan wajahx yg memelas i2...


Bukan Seroja! Kutumu i2 besar2, sehgga aku gemes melihatx.

Pertahankan cinta sejati kt. Maaf PAPA, aku sbg ank sulung tetap tdk bs menerima kelakuanmu yg hina i2.






Roy : lalu apa lagi yang harus papa perbuat...kalian semua menjadi liar semenjak kepergian mamamu...papa sangaaaat kecewa dengan kalian...!
Apa...??? Johan..??? apa kau yakin mencintainya anakku....???Terkadang kentutnya itu tidak hanya mengeluarkan gas saja,tetapi mengeluarkan cairan kental kekuning2an yang konon bisa mengundang ribuan lalat datang mengerubutinya...


Seroja : PAPA!!!!!!!!!!! Papa tidak boleh berkata seperti itu tentang Johan! aku tahu papa akan menggunakan segala macam cara untuk membuatku membencinya. tapi yang papa maksud adalah diri papa sendiri, karena Mbok Ipoh selalu mengeluh kalau mencuci seprai papa! Johan tidak serendah itu!


Kami tidak membutuhkan mama baru! aku tidak mau punya mama tiri!!! Papa jahat!

Kak, kutu kakak kecil2 karena kakak malas makan.. darah kakak tidak memenuhi nutrisi yang mereka butuhkan.


Mawar : TUNGGU! Seroja, apa Johan yg kw mksd i2 pemuda yg slalu membajak sawah?

OMG! Aku tdk bs membygknx kalo i2 benar terjadi.
Sudahlah papa,kami tetap tdk akn setuju!


Roy : papa mengatakan yang sebenar-benarnya anakku...! papa tahu johan seperti itu krna dulu mamanya sering curhat padaku...johan itu anak autis seroja...dulu dia mau d buang mamanya di selokan,

tp tidak jadi,karna takut selokannya penuh cairan aneh tsb...
mbok ipoh memang sering mengeluh waktu mencuci seprai papa karna seprai  papa terbuat dari seng,siapapun pasti akan mengeluh mencucinya...

(menyanyikan lagu ciptaan sally alias saleh bencong perempatan lampu merah) "mengapa oh mengapa...?
anakku sayang,anakku malang,kenapa ibumu tak pulang2..?membuat hatiku mabuk kepayang..syalalala...oooh...syalalala"


Mawar  PAPA HENTIKAN!!

Aku muak dgn smua yg papa katakan *smbil memegang kepalax*
Lbh baik aku segera meninggalkan rmh yg sprt neraka ini..




bersambung...

2 comments:

Adityar said...

Saya membaca ini dari sebuah kamar kosan di sebelah timur Jakarta. Ingatan kembali ke belasan tahun yang lalu. Ingin rasanya naik mesin waktu untuk bisa bertanya "APA YANG KALIAN PIKIRKAN KENAPA RANDOM SEKALI?!"

N Firmansyah said...

Kenapa saya bisa nyasar ke sini ya

Ran Jiecess

Twitter @Jiecess

About

a freelancer who think she isn't cool enough to be everything yet.