Plastic Surgery

Manusia memang tidak pernah puas dengan keadaannya. Apalagi perempuan. Apalagi jaman sekarang. Segala ditempuh agar bisa "cantik" seperti kata orang. Kata orang aja udah beda-beda. Cuman poinnya adalah : rumput tetangga memang selalu lebih hijau. Cara bersyukurnya, kita datengin rumah tetangga, trus kita lihat rumput kita sendiri. Apakah masih kalah hijau?

Dulu, pas masih kecil sampe remaja, saya selalu minder. Nyalahin diri. Kenapa muka saya bentuknya panjang? Kenapa sangat susah untuk gemuk? Kenapa kulit saya ga putih? Kenapa dahi saya lebar? Kenapa bibir saya tebel? Kenapa tulang saya kecil? Kenapa begini, kenapa begitu?

Dan sekarang, saya bersyukur untuk setiap inchi bagian tubuh yang sudah dikaruniakan Tuhan kepada saya. Alhamdulillah, Ia memang selalu punya maksud dibalik sesuatu. Dan itu hanya kita pahami jika kita berani mendengar sudut pandang orang lain.

Kok bisa begitu?

Baru saya tahu, jaman sekarang, mayoritas cewek-cewek ga suka dengan pipi yang chubby... (padahal dari dulu saya mengidam-idamkan punya muka yang bulat dan chubby). Mereka pengen punya wajah tirus seperti wanita-wanita Eropa, dagu yang lancip yang bodi yang kurus tinggi semampai. Akhirnya, berbagai macam taktik dicoba, mulai dari diet besar-besaran agar pipinya ikutan kempot, ato make-up yang kudu pinter diaplikasiin. Lihat aja artis-artis, dari lokal sampe mancanegara. Saat usianya menginjak dua puluhan, badan mereka mulai kurus dan berlagak seperti wanita tiga puluh tahun. Heran saya....

Keuntungan wajah panjang juga baru saya sadari sekarang. Tipikal ini paling cocok pake kudung model Turki. Ya, mungkin karena cewek Turki mukanya panjang-panjang. Kalo wajahnya segiempat ato segi lain-lain, kurang pas. Padahal lagi trennya jilbab Turki sekarang. hahahaha....

Bodi yang susah gemuk ini, yang selalu saya keluhkan, ternyata mendapat penolakan dari teman-teman saya yang lain. Mereka malah iri setengah mati karena makan sedikit saja, berat badan mereka udah nambah dengan cepatnya. Akhirnya ga bisa puasin makan deh.

Lain halnya dengan kulit. Ya,... walaupun anak-anak jaman sekarang doyan dengan cewek yang putih mulus, saya bersyukur kulit saya cenderung gelap. Karena teman-teman bule saya ngomong, mereka berusaha setengah mati untuk ngedapetin kulit sawo matang. Cewek berkulit gelap, lebih menarik, lebih eksotis secara penampilan. Lebih unik, lebih manis - katanyaaaaaaaaaaa... Wallahu a`lam. Kulit bagi saya, mo putih mo item mo cokelat, yang penting mulus dan sehat. Itu udah syukur...

Nah, ada hal klasik mengenai persepsi tentang kecantikan ini. Wanita adalah korban iklan nomer satu. Contoh nih, kalau kita lihat, di Korea sono... Siapa yang gak tau kalo mereka paling doyan operasi plastik. Mereka minder dengan mata yang sipit, wajah yang bulat, dan lidah yang susah dipake ngomong bahasa inggris. Konon, operasi plastik di Korea sama lazimnya seperti  kita ngunjungin dokter gigi disini. Sebabnya, mereka dicekokin gambar model-model Eropa dan Amerika. Mata gede, hidung mancung, rambut pirang. Googling deh, saya aja sampe melotot ngeliat transformasi sebelum dan sesudah operasi. Well,.. secantik apapun itu, kalo gak alami sama aja bohong. Itu pendapat saya ya... Dan opini mereka tentang operasi plastik emang udah tergolong parah. Cari tau aja kenapa.

KULIT

Di belahan bumi barat sendiri,... ini kata temen saya ya... Tanning product laris manis di pasaran. Sama seperti lakunya Whitening product disini. Dia kaget ketika saya bawa ke market bagian kosmetik dan perawatan tubuh. "O Em Ji!!!" katanya... Saya senyam-senyum aja sambil ngejelasin, cewek Indonesia pengen putih, karena itulah yang bikin cowo klepek-klepek. Dia ngomong apa, coba?

"Gw berjemur supaya keliatan lebih gelap! Buat kami (bule), orang-orang yang kulitnya putih itu gak menarik. Orang asia (apalagi asia pasifik seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dkk) jadi perhatian disana. Mereka punya kulit sawo matang yang alami. Kalo kami kelamaan berjemur, adanya gosong... Pake produk tapi cepet banget balik putihnya."

Saya garuk-garuk kepala. Ternyata beneran. Ih, saya bersyukur deh kalo gitu. Tapi emang bener, gelapnya mereka jadi gak enak diliat. Bahkan kebanyakan tanning spray bikin kulit keliatan orange! Ckckckck.. Lain lagi dengan Ganguro, sebuah style di Jepang yang menggabungkan kulit gelap dengan warna rambut dan make-up yang ngejreng menyala. Coba aja cari...

BIBIR 


serius, yang ini bikin saya takut!
Ada juga yang lagi tren buat cewek bule : bibir botox! Ato sekalian, kalo ga mampu ke dokter, mereka pake acara monyong-monyong bibir (yang lebih familiar disebut duck-face) yang sebenarnya bikin tampang keliatan agak konyol. Katanya pengen nunjukin supaya mereka punya bibir yang full, tebel, mirip Angelina Jolie. Tapi liat, gak sedikit juga yang gagal. Hasilnya ga maen-maen. Mirip bibir yang disengat tawon sekampung! Serem, horor, pokoknya kalo kata saya sih udah ga ada bagus-bagusnya lagi. Mungkin dulu cuman ada di komik, sekarang udah banyak banget korbannya. Naudzubillah min dzalik. Sekali lagi saya bersyukur...

ANOREKSIA & BULIMIA


Kalo yang ini, sindrom pengen kurus sampe keterlaluan cungkringnya. SUMPAH! Saya sampe sekarang ga ngerti juga yang ini. Sampe jungkir balik pun, saya ga liat apa bagusnya badan kayak tusuk gigi.

No comment deh...

Sekarang pandai-pandailah melihat kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri. Toh saya juga jauh dari sempurna. Dan saya juga belum tahu apa pengertian dari kecantikan itu yang sebenarnya, selain bahwa wanita memang harus bisa merawat diri luar dalam. Bukan cuman pinter tapi penampilan jorok, ato "cantik" minta ampun tapi otak kosong. Kalo bener seperti slogan Miss Universe : Brain, Beauty, Behaviour, harusnya gak ada lagi masalah-masalah seperti kodok pengen jadi lembu. Masing-masing wanita itu cantik, yang sipit cantik, yang negro cantik, yang putih juga cantik.

Cuman masalah persepsi aja. Gila ah kalo mo ngikutin terus apa kata dunia.

5 comments:

Ufukkiblat said...

jadi ,..idealnya wanita menurut cewek2 bule..adalah seperti Maharani Budi ...heuheuheu

*oh..jadi gitu ciri2 nya..heuheuheu

Unknown said...

Hahaha, ga juga sih mas. Warna kulit paling.. belum bisa survey kesono, jadi belum akurat 100%. Cuman lucunya, ada temen bule yg ngeluh karena hidungnya terlalu panjang - katanya. hahaha, padahal tuh hidung idaman banget disni. Dia malah suka ama hidung cewek Indonesia karena imut2 menurutnya =___="

F I T T said...

yang bagian kulit betul banget kak ran. pas sy dsna, they'd say, you have the most beautiful skin. konstruksi sosial yg bilang kulit putih segalanya, dan iklan produk kecantikan sbgian bsr sgt mndiskriminasi -___-

Unknown said...

Nah kan.. Agnes saja pulang dari Amrik malah menggelapkan kulit, padahal dia sendiri jadi bintang iklan produk pemutih =___=" paradoks.

Unknown said...

Apa bedanya bule yg pengen tan ama orng indonesia yg pengen putih. Satu sama lain gk ada yg lbh hebat toh dua-duanya sama-sama tak puas dengan apa yg mereka miliki.

Ran Jiecess

Twitter @Jiecess

About

a freelancer who think she isn't cool enough to be everything yet.